Referensi Belajar HTML mark tag. Tutorial dan panduan mengenai element <mark>...</mark> yang digunakan untuk menandai teks penting. Mencakup pembahasan lebih detail dan lengkap yang disertai contoh kode penggunaan sebagai rujukan untuk materi belajar HTML elemen <mark>.


Deskripsi
Penjelasan HTML mark tag

HTML <mark> element digunakan untuk merepresentasikan teks yang disorot atau ditandai karena memiliki peran penting, yang biasanya dimaksudkan untuk mereferensi (merujuk) atau mengingatkan akan hal penting yang berkaitan dengan konteks khusus sebuah kalimat.

<mark> menunjukkan sebuah teks dalam dokumen yang di ditandai (marked) atau disorot untuk tujuan referensi atau acuan terhadap konteks (kalimat) yang lain yang berkaitan. Ketika digunakan dalam sebuah kutipan atau teks yang bersumber dari sebuah prosa, element ini menunjukkan sebuah teks yang disorot (highlight) yang merupakan tambahan untuk mendapat perhatian dan pengertian khusus terhadap pembaca, yang mana teks tersebut bukan bersumber dari penulis/pengarang asli. Ketika digunakan pada tulisan utama yang terdapat dalam sebuah dokumen, elemen ini menunjukkan bagian dokumen yang disorot karena keterkaitannya dengan aktivitas pengguna (user) yang sedang berlangsung. Contohnya, menampilkan hasil pencarian sesuai dengan kata-kata yang diketik oleh user. kata-kata tersebut akan di-marked atau disorot pada hasil pencarian yang relevan (berkaitan).

Umumnya, teks yang ditulis di dalam <mark> element memiliki warna latar (background) kuning atau warna lainnya yang jelas atau kontras.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<mark> tag mencakup global attributes.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<mark> tag mencakup event attributes.

Attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <mark> element

Contoh 1
HTML
Saya tidak tahu, rumah pedagang <mark>tahu></mark>
Contoh 2

Contoh dibawah ini, misalnya kita ingin mengoreksi tulisan orang lain. Maka, kata yang dimaksud, ditulis dalam <mark></mark> element untuk menandainya.

HTML
<p>Anda salah tulis pada kata <em>yelow</em>, seharusnya <em>yellow</em>. Seperti ini:</p>
<pre><code>footer {
  background: <mark>yellow</mark>;
}</code></pre>

Contoh Lengkap

Contoh source code lengkap disertai dengan link "editor" untuk mencoba (try it) dan melihat hasil (preview) kode.

SOURCE
<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <meta charset="utf-8" />
    <title>Demo HTML mark tag</title>
    <style></style>
  </head>
  <body>
    <h3>Contoh 1</h3>
      Saya tidak tahu, rumah pedagang <mark>tahu</mark>

    <hr />
    <h3>Contoh 2</h3>
      <p>Anda salah tulis pada kata <em>yelow</em>, seharusnya <em>yellow</em>. Seperti ini:</p>
    <pre><code>footer {
    background: <mark>yellow</mark>;
    }</code></pre>
  </body>
</html>