Referensi Belajar HTML embed tag. Tutorial dan panduan mengenai element <embed />. Mencakup penjelasan yang disertai contoh kode penggunaan sebagai rujukan untuk materi belajar HTML elemen <embed>.


Deskripsi
Penjelasan HTML embed

HTML <embed> element digunakan untuk mengintegrasikan aplikasi external (selain HTML) atau konten interaktif (Plug-in) kedalam dokumen HTML (Web).

Penggunaannya bersamaan dengan attribute <src> yang merujuk pada sumber dari file aplikasi eksternal atau plug-in tersebut.

Attributes
Atribut HTML Tag <embed>

height

Menentukkan tinggi element dari konten yang di-embed tersebut.

src

Menentukkan URL yang merujuk pada sumber dari file aplikasi ekternal atau plug-in tersebut.

type

Menentukkan MIME type yang digunakan agar dapat menampilkan/menjalankan file external tersebut dengan plugin yang tepat.

Contoh:

<embed src="whitebird1.swf" type="application/vnd.adobe.flash-movie">

Daftar media_type selengkapnya, dapat dilihat pada IANA Media Types.

width

Menentukkan lebar element dari konten yang di-embed tersebut.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<embed> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<embed> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <embed> element

HTML
<embed src="/media/swf/whitebird1.swf">

File "whitebird1.swf" © Mandryka

URL pada contoh di atas masih kami simpan dan valid. Untuk melihat hasil preview gunakan browser lawas.

Browser modern sudah mulai meninggalkan dan tidak men-support .swf file karena di era browser modern sudah menggunakan CSS animasi (animation) sebagai penggantinya.